Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif
Sejarah Berdirinya Kompetensi Keahlian TKRO
Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan kompetensi keahlian bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer.
Dalam Era Digital 4.0 Sekarang, lulusan RPL sangat dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan industri yang membutuhka tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan perangkat lunak (software)
Materi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
- Desain Grafis dan Instalasi Software
- Teknik pemrograman komputer.
- Perancangan perangkat lunak komputer.
- Perancangan basis data komputer.
- Pemrograman Aplikasi mobile.
- Pemrograman Website.
- Produk kreatif digital (Startup).
Bidang Pekerjaan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
Konversi PSD ke WordPress
Merupakan pekerjaan yang berperan untuk anda agar mampu memenuhi kebutuhan klien, salah satunya mengubah hasil photoshop menjadi file wordpress.
Developer IT
Merupakan pekerjaan yang mengharuskan anda dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klein. Seperti perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan games, telekomunikasi dll.
Programmer
Membuat Pemograman tertentu, programmer dapat bekerja di segala bidang, baik industri, pertelevisan, perbankan, media.
IT Consultant
Bekerja sebagai IT consultant yang beperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Jadi lowongan kerja smk jurusan rpl banyak, tinggal anda mencari informasinya.
System Analyst dan system integrator
Bekerja dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan dan membuat solusi yang integratif dan memanfaatkan perangkat lunak.
Engineer data base administrator
Bekerja dalam perencanaan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse)
Web engineer
Merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan di atasnya dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan website dan mengembangkannya.
Computer network (data communication engineer)
Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer dan melakukan perawatan, pengelolaan jaringan dalam instansi atau perusahaan.
Games Developer
Bekerja dalam mengembangkan perangkat lunak multimedia game
Intellegent system developer
Mengembangkan perangkat lunak yang intelegen seperti sistem pakar, image recognizer, dll.
Software tester
Bekerja sebagai penguji perangkat lunakan dan bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari perangkat lunak maupun dari system.
Pengajar/Guru Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
- Rangga Adlan, S. Pd. (Kepala Program DPIB)
- M. Fauzi Efendie, S.Pd. (Kepala Bengkel DPIB)
- Drs. Lalu Mugni
- Lily Chandra, S.Pd.
- Ika Sherlyta Rohmawati, S.Pd.
- Haerudin (Laboran/Teknisi).
Mata Pelajaran dan Kompetensi Inti
NO | MATA PELAJARAN | KOMPETENSI INTI | KELAS |
1 | GAMBAR TEKNIK | GAMBAR TEKNIK BANGUNAN DASAR | X |
2 | MEKANIKA TEKNIK | PERHITUNGAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN | X |
3 | DASAR KONSTRUKSI & TEKNIK PENGUKURAN TANAH | PENGETAHUAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN ILMU UKUR TANAH | X |
4 | APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG | MENERAPKAN EKSTERIOR DAN INTERIOR BANGUNAN MENGGUNAKAN SOFTWARE | XI & XII |
5 | KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN | MENGGAMBAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN | XI & XII |
6 | ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI | MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNAN | XI & XII |
7 | KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNG | MENGGAMBAR KONSTRUKSI GEDUNG | XI & XII |