Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif

Sejarah Berdirinya Kompetensi Keahlian TKRO

Kompetensi  Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan kompetensi keahlian bidang Teknologi Komputer dan Informatika yang secara khusus mempelajari tentang pemrograman komputer.

Dalam Era Digital 4.0 Sekarang, lulusan RPL sangat dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan industri yang membutuhka tenaga Teknisi dalam bidang pengembangan perangkat lunak (software)

Materi Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

  • Desain Grafis dan Instalasi Software
  • Teknik pemrograman komputer.
  • Perancangan perangkat lunak komputer.
  • Perancangan basis data komputer.
  • Pemrograman Aplikasi mobile.
  • Pemrograman Website.
  • Produk kreatif digital (Startup).

Bidang Pekerjaan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

Konversi PSD ke WordPress

Merupakan pekerjaan yang berperan untuk anda agar mampu memenuhi kebutuhan klien,  salah satunya mengubah hasil photoshop menjadi file wordpress.

Developer IT

Merupakan pekerjaan yang mengharuskan anda dapat mengembangkan perangkat lunak dengan memenuhi kebutuhan klein. Seperti perangkat lunak untuk pendidikan, bisnis, hiburan games, telekomunikasi dll.

Programmer

Membuat Pemograman tertentu, programmer dapat bekerja di segala bidang, baik industri, pertelevisan, perbankan, media.

IT Consultant

Bekerja sebagai IT consultant yang beperan dalam perencanaan dan pengevaluasian penerapan IT pada sebuah organisasi. Jadi lowongan kerja smk jurusan rpl banyak, tinggal anda mencari informasinya.

System Analyst dan system integrator

Bekerja dalam melakukan analisis terhadap sistem atau program yang berbasis teknologi dan informasi dalam suatu perusahaan dan membuat solusi yang integratif dan memanfaatkan perangkat lunak.

Engineer data base administrator

Bekerja dalam perencanaan pemeliharaan basis data (termasuk data warehouse)

Web engineer

Merancang dan membangun website beserta layanan dan fasilitas berjalan di atasnya dan bertanggung jawab dalam pemeliharaan website dan mengembangkannya.

Computer network (data communication engineer)

Bertugas untuk merancang arsitektur jaringan komputer dan melakukan perawatan, pengelolaan jaringan dalam instansi atau perusahaan.

Games Developer

Bekerja dalam mengembangkan perangkat lunak multimedia game

Intellegent system developer

Mengembangkan perangkat lunak yang intelegen seperti sistem pakar, image recognizer, dll.

Software tester

Bekerja sebagai penguji perangkat lunakan dan bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari perangkat lunak maupun dari system.

Pengajar/Guru Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan

  1. Rangga Adlan, S. Pd. (Kepala Program DPIB)
  2. M. Fauzi Efendie, S.Pd. (Kepala Bengkel DPIB)
  3. Drs. Lalu Mugni
  4. Lily Chandra, S.Pd.
  5. Ika Sherlyta Rohmawati, S.Pd.
  6. Haerudin (Laboran/Teknisi).

Mata Pelajaran dan Kompetensi Inti

NOMATA PELAJARANKOMPETENSI INTIKELAS
1GAMBAR TEKNIKGAMBAR TEKNIK BANGUNAN DASARX
2MEKANIKA TEKNIKPERHITUNGAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNANX
3DASAR KONSTRUKSI & TEKNIK PENGUKURAN TANAHPENGETAHUAN DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN ILMU UKUR TANAHX
4APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNGMENERAPKAN  EKSTERIOR DAN INTERIOR BANGUNAN MENGGUNAKAN SOFTWAREXI & XII
5KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATANMENGGAMBAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATANXI & XII
6ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSIMENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA PEMBANGUNANXI & XII
7KONSTRUKSI DAN UTILITAS GEDUNGMENGGAMBAR KONSTRUKSI GEDUNGXI & XII

Ruang Kelas dan Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran

Kerja sama Industri Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif